Rabu, 15 Juni 2011

Opini Bayu


Opini Reza Bayu Anugrah,

Lingkungan abiotik yang terdiri dari udara, cahaya, tanah, air dan lainnya saling berhubungan antara satu dengan lainnya dan saling menguntungkan seperti contoh :

Hujan,
Proses terjadinya hujan dipengaruhi oleh beberapa komponen abiotik yang saling berhubungan.
Terjadinya hujan :
Air yang menguap ke udara juga bisa berasal dari tubuh manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, serta benda-benda lain yang mengandung air. Air-air tersebut umumnya mengalami proses penguapan atau evaporasi akibat adanya bantuan panas matahari. Air yang menguap / menjadi uap melayang ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju langit yang tinggi bersama uap-uap air yang lain. Di langit yang tinggi uap tersebut mengalami proses pemadatan atau kondensasi sehingga membentuk awan. Dengan bantuan angin awan-awan tersebut dapat bergerak kesana-kemari baik vertikal, horizontal dan diagonal.

Fotosintesis,
Semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi. Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.
Proses Fotosintesis :


Seperti yang ada didalam al-Qur’an : “Manusia adalah sebaik – baiknya makhluk yang ada dimuka bumi ini yang diciptakan Allah dari tanah” dibandingkan dengan malaikat yang diciptakan Allah dari cahaya dan iblis/setan yang diciptakan Allah dari api.

Ketiga makhluk tersebut adalah komponen abiotik (benda yang tidak hidup) yang berubah menjadi biotik (makhluk/benda yang hidup) atas kehendak dan kuasa yang maha pencipta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar